OPTIMALISASI
PENDIDIKAN ANAK PADA MASA
PANDEMI
COVID-19 DI DESA BANJAR MULIA
KECAMATAN BARADATU
KABUPATEN WAY KANAN
(Laporan
Pelaksanaan Kegiatan KKN-DR Berbasis
Pengabdian kepada Masyarakat)
KULIAH
KERJA NYATA - DARI RUMAH (KKN-DR)
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way Kanan
TAHUN 2020
KELOMPOK :
KKN-DR 5
NAMA
DPL : Akta Kurniawan, MH,.
Disusun
Oleh
Nama : Muthmainnah
NPM : 17 1401 035
Program
Studi : Manajemen Pendidikan Islam
TIM
PELAKSANA KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA
PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAI)
AL-MA’ARIF WAY KANAN
TAHUN 2020
Assalamua’laikum. Wr. Wb.
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan kasih
sayang dan ridho-Nya, sehingga tugas laporan ini dapat terselesaikan dengan baik. Tak lupa
pula shalawat beserta salam semoga selalu kita sanjung agungkan kepada junjungan kita, Nabi
Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat dan para pengikut-pengikutnya
yang senantiasa istiqomah dalam menegakkan risalah Islam di muka bumi dan mengharapakan syafaat Rasulullah saw. di akhirat kelak. Aamiin.
Penyusunan laporan ini dibuat berdasarkan
pengalaman yag dilakukan selama masa pengabdian di Desa Banjar Mulia, Kecamatan
Bardatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung yang terhitung telah
melaksanakan kegitan KKN ini selama 43 hari dari tanggal 27 Juli-7 September
2020. Selain itu, laporan ini dibuat untuk juga dengan maksud sebagai salah
satu pertanggungjawaban kepada lembaga KKN-STAI Al-Ma’arif Way Kanan.
Penulis menghaturkan rasa terimakasih kepada seluruh pihak
yang telah ikut serta berperan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini terutama kepada:
1. Allah swt. yang telah memberikan kesehatan dan kemudahan kepada penulis
dalam menjalankan program Kuliah Kerja Nyata dengan baik.
2. Nabi Muhammad saw. sebagai suri tauladan, dan panutan bagi umat manusia.
3.
Bapak Wakidi, S.Pd.I., M.M.Pd,. selaku Ketua Yayasan STAI Al-Ma’arif Way Kanan
4.
Seluruh
panitia pelaksana KKN-DR tahun 2020 STAI Al-Ma’arif Way Kanan
5. Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak
Akta Kurniawan, MH,. yang telah memberi arahan dan bimbingan selama melaksanakan KKN.
6. Ibu Helmada, S.Pd,. selaku Kepala Kampung Desa Banjar Mulia.
7.
Anak-anak
Lingkungan
RK III Kampung Banjar Mulia yang selalu
memberikan semangat melalui senyum dan tawa mereka.
8.
Kepada
seluruh masyarakat Lingkungan RK III Kampung Banjar Mulia, yang
telah banyak membantu dalam merealisasikan program KKN-DR, baik moril maupun
material.
Atas dukungan, kerjasama dan partisipasi dalam melaksanakan KKN-DR, penulis
mengucapkan terima kasih. Dan dalam penulisan laporan ini, penulis menyadari banyak
kekurangannya, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi
sempurnanya laporan ini. Semoga laporan ini akan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.
Wassalamua’laikumWr. Wb.
Way Kanan, September 2020
Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR
PENGESAHAN .................................................................................. i
KATA
PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR
ISI......................................................................................................... iii
DAFTAR
TABEL................................................................................................ iv
DAFTAR
GAMBAR............................................................................................ v
DAFTAR
LAMPIRAN....................................................................................... vi
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah............................................................................ 1
B.
Rumusan Masalah........................................................................................ 3
C.
Tujuan dan
Manfaat..................................................................................... 3
D.
Sasaran
Masyarakat..................................................................................... 4
E.
Kerangka Teori............................................................................................ 4
F.
Metode......................................................................................................... 5
BAB
II GAMBARAN UMUM DESA BANJAR
MULIA
A.
Letak Geografis........................................................................................... 7
B.
Keadaan Ekonomi....................................................................................... 8
C.
Kondisi
Pemerintahan Desa......................................................................... 8
D.
Pembagian
Wilayah................................................................................... 10
BAB
III PELAKSANAAN PROGRAM DAN HASIL
A.
Program Kerja............................................................................................ 18
B.
Realisasi
Program Kerja............................................................................. 20
C.
Evaluasi Program
Kerja............................................................................. 22
D.
Faktor Pendorong
dan Penghambat Pelaksanaan KKN ........................... 23
BAB
IV PENUTUP
A.
Kesimpulan ............................................................................................... 24
B.
Saran ......................................................................................................... 25
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Aparat Desa Banjar Mulia
Tabel 2. Kepala Dusun Desa Banjar Mulia
Tabel 3. Ketua RT Desa
Table 4. Lembaga
Pemberdayaan
Perempuan
(PKK) Desa
Banjar Mulia
DAFTAR
LAMPIRAN
A.
Kegiatan Mahasiswa Basis
Media Sosial
B. Daftar
Hadir Peserta Kegiatan
C. Dokumentasi
Kegiatan KKN-DR
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Kuliah
Kerja Nyata (KKN-DR) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way Kanan diselenggarakan
sebagai salah satu kegiatan pengabdian terhadap masyarakat, dimana setiap
mahasiswa dituntut untuk berperan aktif terhadap kegiatan-kegiatan yang ada
disekitar masyarakat Desa Banjar Mulia, tempat dimana penyelenggaraan Kuliah
Kerja Nyata diadakan. Mahasiswa diharapkan dapat beradaptasi dan dapat menjalin
kerja sama yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu mahasiswa
diharapkan dapat membantu warga masyarakat sesuai dengan keahlian dan
keterampilan yang dimiliki, serta diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah
didapat ke dalam bentuk program kerja kegiatan yang bertujuan untuk membantu
masyarakat sesuai dengan masalah yang timbul. Salah satunya adalah untuk
membantu dan membimbing masyarakat dalam
mengembangkan sumberdaya alam lokal
yang
diharapkan dapat mengembangkan potensi masyarakat. Program ini diharapkan dapat
menjadi sarana untuk membantu mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu
pengetahuannya sehingga dapat memberikan nilai dan manfaat bagi masyarakat
dalam mengembangkan usaha.
Sebelum menentukan program yang akan
dijalankan nantinya, secara garis besar kegiatan KKN-DR dapat dijelaskan
terlebih dahulu dilakukan survei dan observasi untuk mendapatkan data dan
informasi awal tentang kondisi sosiokultural masyarakat dan potensi yang ada.
Berdasarkan survei dan observasi yang penulis lakukan di Desa Banjar Mulia, maka penulis mencoba
untuk membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan penulis. Wujud bantuan
tersebut dengan menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk program kegiatan
yang bertujuan untuk membantu masyarakat sesuai dengan masalah yang ada.
Latar belakang
penulis yang sedang dalam proses kuliah program Strata-1 Manajemen Pendidikan
Islam, yang berada dalam naungan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way
Kanan, dan juga karena adanya pandemi Virus Corona (COVID-19) yang melanda
Indonesia saat ini, yang berdampak tidak hanya pada bidang kesehatan namun juga
sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat dan juga pendidikan anak. Maka kegiatan-kegiatan KKN-DR ini
lebih menitikberatkan pada kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dan program
pendidikan.
Dengan adanya
bimbingan belajar akan membantu siswa dalam mempelajari mata pelajaran di
sekolah.
Oleh karena itu perlunya adanya bimbingan belajar untuk anak-anak usia sekolah
karena saat ini banyak sekolah-sekolah yang diliburkan sehingga mereka tidak
bisa maksimal untuk memperoleh pelajaran dari sekolah. Melalui bimbingan ini,
penulis ingin mengaplikasikan keilmuan yang telah diperoleh selama kuliah. Penulis juga
memandang perlunya motivator dan pengarahan bagi masyarakat pada kegiatan
keagamaan terutama memotivasi mereka dan mendorong anak-anak untuk giat baca tulis Al-Qur’an.
Dari kondisi di
atas, penulis memprioritaskan kegiatan-kegiatan
pada program-program bidang pendidikan, dan agama sesuai dengan bidang
keahlian yang penulis dapatkan selama perkuliahan.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan
masalah di atas, maka hal yang menjadi pokok permasalahan dalam kegiatan KKN
ini adalah:
1. Apa sajakah kegiatan-kegiatan yang
menjadi program di bidang pendidikan
yang efektif diterapkan dalam membantu
mengatasi masalah-masalah di Desa
Banjar Mulia selama masa pandemic COVID-19?
2. Bagaimana
penerapan program pembinaan bidang pendidikan yang
tepat dilaksanakan di Desa
Banjar Mulia pada kegiatan KKN-DR STAI Al-Ma’arif Way Kanan 2020?
C.
Tujuan dan
Manfaat
1. Untuk
mengetahui keefektifan program-program KKN-DR di Banjar Mulia Kec. Baradatu Kab. Way Kanan
pada KKN-DR STAI Al-Ma’arif
Way Kanan 2020 sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.
2. Untuk
mengetahui program-program bidang pendidikanyang tepat diterapkan di Desa Banjar Mulia Kec. Baradatu Kab. Way Kanan pada
kegiatan KKN-DR STAI
Al-Ma’arif Way Kanan
tahun 2020.
D.
Sasaran Masyarakat
Adapun sasaran masyarakat dalam kegiatan ini adalah
seluruh masyarakat Desa Banjar
Mulia
Kecamatan Baradatu
kabupaten Way kanan.
E.
Kerangka Teori
Kuliah Kerja
Nyata (KKN-DR) sebagai kegiatan intra kurikuler dilaksanakan dengan penempatan
mahasiswa ditingkat terakhir dalam kesatuan-kesatuan antar disiplin ilmu
pengetahuan di daerah-daerah yang meliputi sejumlah desa atau kelurahan untuk
jangka waktu tertentu.
Adapun langkah
awal dari kegiatan KKN-DR di Desa Banjar Mulia, yaitu melakukan
orientasi lapangan dan mengidentifikasi masalah-masalah pokok terlebih dahulu. Yaitu melalui prosedur
formal maupun secara kekeluargaan mengenai situasi dan kondisi kehidupan sosial
budaya dan lainnya yang berkaitan dengan apa yang menjadi tema pokok KKN-DR STAI Al-Ma’arif Way Kanan
tahun 2020.
F.
Metode
Metode
pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah sebagai berikut:
1.
Metode
Observasi (Pengamatan)
Pengamatan adalah alat pengumpulan data
yang dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat secara sistimatik
gejala-gejala yang ada di Desa
Banjar Mulia. Pada metode pegamatan ini, penulis terjun langsung
untuk mengamati secara langsung terhadap pelaksanaan KKN-DR,
kegiatan-kegiatan dan fenomena-fenomena sosial yang terjadi sebagai dampak dari
pelaksanaan KKN-DR yang diterapkan. Data yang diperlukan dalam metode
pengamatan ini adalah, mengamati secara langsung di lokasi, pelaksanaan
proses, kegiatan-kegiatan masyarakat Desa Banjar Mulia.
2.
Metode
Dokumentasi
Dalam penelitian kualitatif terdapat
sumber data yang berasal dari bukan manusia seperti dokumen, foto-foto dan
bahan statistic. Metode dokumentasi ini merupakan salah satu bentuk pengumpulan
data yang paling mudah, karena peneliti hanya mengamati benda mati dan apabila
mengalami kekeliruan mudah untuk merevisinya karena sumber datanya tetap dan
tidak berubah. Dokumen yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi srtuktur
organisasi lembaga Peraturan Desa (PERDES), data Kependudukan, data Monografi,
sarana dan prasarana yang dimiliki oleh desa dan data-data lain yang
dibutuhkan untuk melengkapi penyusunan laporan ini.
BAB
II
GAMBARAN UMUM DESA LOKASI KKN
A.
LATAR
BELAKANG
Desa disebutkan sebagaimana
Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa merupakan kesatuan masyarakat
hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus
urusan pemerintah, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat,
hak asal usul dan atau
hak tradisional yang diakui dan dihormati alam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan program
yang sudah ditetapkan dan dilaksanakan pemerintah Desa Banjar Mulia Kec. Baradatu Kab. Waykanan tahun 2020 dalam bidang Administrasi Umum
Pemerintahan, kegiatan kemasyarakatan maupun pembangunan perlu dilaporkan,
dievaluasi, dan ditindak lanjuti dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat
terhadap pemerintah desa yang bersih dan bebas dari penyelewengan dan selalu
siap melayani kepentingan masyarakat menuju masyarakat yang damai, aman, dan
sejahtera dalam rangka mencapai keberhasilan pembangunan nasional.
B.
DASAR
HUKUM
1. Undang-Undang
No.6 Tahun 2014 Tentang Desa
2. Peraturan
Pemerintah No.43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU. No.6 tahun 2014
Tentang Desa
3. Peraturan
Pemerintah No. 60 tahun 2014 Tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN
4. Permendagri
No. 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa
5. Peraturan
Bupati No. 13 tahun 2015 tentang pengelolaan Keuangan Desa
6.
Peraturan Bupati
Nomor. 15 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Alokasi Dana Desa
C.
TUJUAN
1. Memberikan
gambaran hasil-hasil yang dilaksanakan di desa dalam bidang administrasi
pemerintahan, kemasyarakatan maupun pembangunan.
2. Sebagai
bahan acuan untuk menindak lanjuti sejauh mana kebijakan program telah
dilaksanakan dalam rangka perbaikan maupun evaluasi dimasa-masa yang
akandatang.
D.
KONDISI
WILAYAH DESA BANJAR MULIA
a.
Batas Wilayah Desa
Letak Geografis Desa Banjar Mulia, terletak diantara:
·
Sebelah timur berbatasan dengan :
Way
Besai
·
Sebelah utara berbatasan dengan :
Banjar
Baru
·
Sebelah barat berbatasan dengan :
Banjar
Setia
·
Sebelah selatan berbatasan dengan :
Simpang
Asam
b. Luas
Wilayah Desa :
850 Ha
· Pertanian
Sawah :
45 Ha
· Ladang/tegalan
:
30 Ha
· Perkantoran :
-
· Sekolah :
1 Ha
· Jalan
:
-
· Lapangan
Sepakbola : -
· TPU :
125 Ha
Dengan mata pencaharian sebagian besar petani
Jumlah Penduduk dengan mata pencaharian
1.
Petani :
615
orang
2.
Pedagang : 25 orang
3.
PNS :
10
orang
4.
TNI/ Polri :
3
orang
5.
Bidan atau Perawat : 3 orng
6.
Guru Honorer : 16 orang
c. Jumlah penduduk :
1.841
jiwa
· Jumlah kepala keluarga : 666 KK
·
Jumlah penduduk laki-laki : 943 orang
·
Jumlah penduduk perempuan: 898 orang
d. Keadaan sosial
Sarana pendidikan
1. PAUD/TK : 1 buah
2.
SD Sederajat : 1 buah
3.
MTS Sederajat :
-
e. Sarana yang ada di Desa Banjar Mulia
Sarana Peribadahan dan umum:
1.
Masjid :
3
buah
2.
Musholla :
6
buah
3.
Gereja :
2
buah
4.
Vihara :
-
Kelompok Pengajian:
1.
Majelis Rotiban : -
2.
Majelis Ta’lim Bapak-Bapak : 1 kelompok
3.
Majelis Ta’lim Ibu-Ibu :
1
kelompok
4.
Taman Pendidikan Al-qur’an : 3 kelompok
Bidang Kesehatan
1.
Polindes :
-
2.
Posyandu : 1 kelompok
3.
Dukun Terlatih : -
4.
Bantuan posyandu : -
5.
Bidan desa : 1 orang
Bidang Pendidikan
1.
SD Negeri : 1 buah
2.
Taman Baca Al-quran : 3 buah
3.
SLTP/MTs : -
4.
PAUD/ TK : 1 buah
E.
PERSONIL
PERANGKAT DESA
Tabel 1. Aparat
pemerintah Desa Banjar
Mulia
NO |
NAMA |
JABATAN |
1. |
Helmada, S.Pd |
Kepala Kampung |
2. |
Eki Asnawi |
Sekretaris Desa |
3. |
Condi Putra |
Kaur Tata Usaha dan Umum |
4. |
Setio Supono |
Kaur Perencanaan |
5. |
Arga Adi Masla |
Kaur Keuangan |
6. |
Titin Oktavia |
Kasi Kesejahteraan |
7. |
Lestari Wiwin |
Kasi Pelayanan |
8. |
Margono |
Kasi Pemerintahan |
Tabel 2. Kepala Dusun Desa Banjar Mulia
NO |
NAMA |
ALAMAT |
1. |
Aris |
Kepala Dusun I |
2. |
Supanggih |
Kepala Dusun II |
3. |
Agus Sahroni |
Kepala Dusun III |
4. |
Herwan Adi |
Kepala Dusun IV |
5. |
Aminudin |
Kepala Dusun V |
Tabel 3. Ketua RT Desa Banjar Mulia
NO |
NAMA |
ALAMAT |
1. |
Hadi |
RT 01 Dusun I |
2. |
Miswanto |
RT 02 Dusun I |
3. |
Widodo |
RT 01 Dusun II |
4. |
Suparmin |
RT 02 Dusun II |
5. |
Sidik |
RT 01 Dusun III |
6. |
Jaman |
RT 02 Dusun III |
7. |
Heri Sayoto |
RT 01 Dusun IV |
8. |
Junaedi |
RT 02 Dusun IV |
9. |
Marsudi |
RT 01 Dusun V |
10. |
Ahmadi |
RT 02 Dusun V |
Tabel 4. Lembaga Pemberdayaan
Perempuan ( PKK) Desa Banjar
Mulia
NO |
NAMA |
JABATAN |
POKJA |
1. |
Ny. Novi Yuliyanti |
Ketua Umum |
- |
2. |
Ny. Rahmawati |
Wakil Ketua |
- |
3. |
Ny. Linda |
Sekretaris |
- |
4. |
Ny. Atin |
Bendahara |
- |
5. |
Ny. Jainem |
Ketua |
I |
6. |
Ny. Haryatin |
Sekretaris |
I |
7. |
Ny. Yusmala Dewi |
Anggota |
I |
8. |
Ny. Meri |
Anggota |
I |
9. |
Ny. Maryani |
Ketua |
II |
10. |
Ny. Siti Nurjanah |
Sekretaris |
II |
11. |
Ny. Novilia Sari |
Anggota |
II |
12. |
Ny. Sri Utami |
Ketua |
III |
13. |
Ny. Sabariah |
Sekretaris |
III |
14. |
Ny. Budi Arsih |
Anggota |
III |
15. |
Ny. Yeni Herlina, Amd. Keb., |
Ketua |
IV |
16. |
Karsini |
Sekretaris |
IV |
17. |
Ny. Lasmini |
Anggota |
IV |
BAB III
PROGRAM KERJA DAN PELAKSANAAN
A. Program Kerja
1) Bidang
pendidikan
1.
Mengisi Bimbel
Mengadakan
dan memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak, dilaksanakan setiap hari, kegiatan
ini dilaksanakan setiap pukul 14.00
WIB sampai dengan 16.00
WIB.
2.
Mengajar mengaji
Mengajar mengaji kepada anak-anak yang dilakukan
setiap hari dari jam 18.00 WIB (ba’da maghrib) sampai dengan 19.30 WIB
3.
Mengadakan kegiatan gotong royong membersihkan Mushola
yang dilakukan setiap hari Sabtu dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 09.00 WIB
B. Realisasi
program kerja
a. Bentuk kegitan
yang di laksanakan
Bentuk
kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN-DR Desa Banjar Mulia Kecamatan Bardatu Kabupaten Way Kanan
ialah sebagai berikut :
1. Mengajar Bimbel
Mengingat
situasi dan kondisi pandemic COVID-19 ini memkasa anak-anak untuk belajar di
rumah. Maka dari itu penulis mengadakan Bimbel agar dapat membantu anak-anak
untuk memahami pelajaran. Bimbel ini merupakan salah satu
program yang dibuat dan dilaksanakan di kediaman penulis, yang bertempat di Dusun Banjar Mulia Desa Banjar Mulia Kecamatan
Baradatu Kabupaten Way Kanan. Dalam hal ini sasaran kegiatan ini
adalah anak-anak dari tingkat PAUD-SD.
Bimbel Semua Pelajaran ini dilakukan di rumah setiap hari setiap pukul 14.00-16.00 WIB.
2.
Mengajar Mengaji
Kegiatan
ini dilakukan guna membantu anak-anak dalam hal baca-tulis Al-Qur’an dan juga
mengetahui tata cara sholat fardhu dengan baik dan benar.
Kegiatan ini dilakukan dari ba’da shalat Maghrib
hingga menjelang shalat Isya’ di Mushola Al-Baraqah RK III Kampung Banjar
Mulia.
3.
Gotong Royong
Kegiatan
dilakukan bersama anak-anak lingkungan RK III Kampng Banjar Mulia dengan
membersihkan Mushola Al-Baraqah setiap hari Sabtu dengan mengajarkan anak-anak
tentang kalimat “Kebersihan sebagian dari
Iman” agar hidup dengan lebih bersih.
Juga demi kenyamanan saat shalat berjama’ah di Mushola.
b.
Hasil
Yang Dicapai
Berdasarkan
pembinaan yang telah dilakukan, ternyata anak-anak desa Banjar Mulia telah mulai semangat
dalam belajar dan mengaji serta mempraktikannnya dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini dapat kami lihat dari prestasi yang dicapai oleh mereka baik dalam
tingkat desa maupun tingkat kecamatan dan mereka juga mulai berani tampil di masyarakat
seperti adzan disaat memasuki waktu shalat fardhu, dan mengikkuti kegiatan lainnya.
Semua kegiatan yang dilaksanakan, Alhamdulillah berjalan dengan lancar berkat usaha dan
bantuan dari warga Desa Banjar Mulia, dan peserta sangat antusias
dengan kegiatan yang diadakan, sehingga
acara dan kegiatan yang di adakan oleh mahasiswa KKN-DR dapat berjalan dengan lancar.
C. Evaluasi Program
Kerja
Evaluasi
merupakan kegiatan yang sangat penting dalam proses pelaksanaan kegiatan,
karena dengan evaluasi kita dapat melihat kelebihan dan kekurangan dalam
program kerja. Dengan demikian, kita dapat melakukan antisipasi serta mencegah
kesalahan pada kegiatan.
Program
kerja yang telah dilaksanakan oleh
penulis, sudah cukup memuaskan tetapi belum mendapatkan hasil yang optimal
tentu tidak terlepas dari kesalahan yang diakibatkan dari faktor internal
maupun eksternal, oleh karena itu evaluasi berguna untuk meminimalisir
kesalahan dalam kegiatan.
a.
Faktor
pendorong dan penghambat
Adapun
beberapa yang menjadi faktor pendorong dan penghambat dalam program kerja yang
di laksanakan adalah:
1. Faktor Pendorong
Faktor
yang paling utama yang di butuhkan dalam pelaksanaan kegiatan mahasiswa KKN-DR
salah satunya adalah penunjang. Karena tanpa faktor penunjang tersebut maka kegiatan
KKN-DR tidak terealisasikan dengan baik, adapun faktor tersebut
antara lain :
1. Adannya
dukungan dan motivasi yang diberikan oleh masyarakat Banjar Mulia terutama kepala desa
dan aparat Desa Banjar
Mulia
dalam segala bentuk kegiatan.
2. Adanya
dukungan dan motivasi yang diberikan oleh pihak kelurahan dan aparatur desa.
3. Adanya
dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan dari setiap kepala dusun Banjar Mulia dalam perannya
memfasilitasi dan memotifasi dalam setiap kegiatan.
4. Terdapatnya
fasilitas umum (tempat pendidikan dan tempat ibadah).
2.
Faktor
Penghambat
Selain
faktor penunjang, ada beberapa faktor
penghambat, adapun faktor penghambat itu ialah:
1. Banyak
kegiatan kemasyarakatan yang terhenti misalnya seperti pengajian rutin,
yasinan, dan kegiatan lain yang melibatkan banyak orang karena adanya pandemi COVID-19, sehingga membuat mahasiswa
KKN-DR tidak memiliki banyak kegiatan.
2. Karena ada nya wabah COVID-19 ini menyebabkan sekolah-sekolah
diliburkan sehingga menyulitkan KKN-DR untuk mengajar anak-anak di sekolah.
3. Pelaksanaan
KKN-DR yang dilakukan secara mandiri menghambat mahasiswa dalam pelaksanaan
kegiatan dan pengambilan gambar untuk dokumentasi.
4.
Alokasi waktu
yang padat dengan kegiatan kemasyarakatan menghambat mahasiswa KKN-DR
menentukan waktu yang tepat untuk melaksanakan program lainnya.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dalam melaksanakan program pendidikan,
penelitian, dan pengabdian
oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way Kanan diwujudkan
dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan KKN ini dilakukan dengan kurun
waktu 43 hari yang
dimulai sejak tanggal 27
Juli 2020 s.d 7 September 2020 yang bertempat di Desa Banjar Mulia Kecamatan Baradatu
Kabupaten Way Kanan.
Adapun tujuan umum kegiatan KKN-DR (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah)
adalah untuk mencegah
dan meminimalisir penyebaran serta mengurangi risiko virus Corona di Lingkungan
STAI Al-Ma’arif Way Kanan
secara khusus dan masyarakat luas secara umum. Memotivasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas diri dan
lingkungan serta pemberdayaan usaha kecil untuk meningkatkan perekonomian
masyarakat.
Melalui pendampingan terhadap masyarakat,
mahasiswa peserta KKN-DR melakukan penggalian data atau informasi tentang
persoalan, ataupun kondisi masyarakat sekitar yang selanjutnya dirumuskan dalam
bentuk program kerja, serta realisasinya yang diharapkan dapat menjawab
persoalan yang ada bersama-sama
masyarakat, bahkan dipecahkan oleh masyarakat sendiri.
Program kerja yang terumuskan syukur Alhamdulillah sudah
terealisasikan sesuai dengan kemampuan peserta KKN-DR, meskipun terdapat
kendala-kendala dalam
pelaksanaannya.
B.
Saran
Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR)
merupakan pengalaman awal dalam tahap pembelajaran bermasyarakat yang kelak
para mahasiswa akan terjun secara nyata di masyarakat dengan berbagai persoalan
setelah menyelesaikan pendidikan S1. Segala program dalam KKN tersebut
dirumuskan dan dilaksanakan untuk menjawab persoalan yang terjadi di masyarakat
dengan penelitian yang cukup, dan data yang pasti. Sehingga suatu harapan yang
kita inginkan dalam pelaksanaan KKN-DR telah tercapai meskipun banyak kendala,
kekurangan yang menghambat dalam terwujudnya kesempurnaan. Adapun kendala dan
kekurangan yang ada merupakan hal yang kelak dijadikan rujukan untuk
pembelajaran yang dapat memperbaiki kesalahan yang ada sekarang, sehinggga
dapat menjadi perubahan yang baik dan berarti di masyarakat umumnya, dan
masyarakat Desa Banjar Mulia
pada khususnya. Hendaknya mahasiswa (peserta KKN-DR) menjalin komunikasi yang
baik antara peserta, agar terjalin dan terbentuknya kesolidan dalam kelompok
yang dapat memudahkan dalam pelaksanaan program yang telah dirumuskan. Dan
hendaknya pula pihak Ketua
Yayasan, panitia pelaksana KKN-DR serta dosen yang lain menjalin
keselarasan yang baik agar tidak terdapat atau terjadi keragu – raguan bagi
peserta KKN-DR dalam menjalankan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR).
Oleh karena itu, dengan adanya pengalaman
tersebut semoga kesalahan yang ada jangan sampai terulangi sama seperti adanya
dan dalam tempat yang sama, sehingga untuk kedepannya kita tidak jatuh pada
lubang yang sama dan menjadi orang yang merugi.
DAFTAR
LAMPIRAN
Produk
Digital (Poster dan Video) yang Diposting di Instagram
Produk
Digital (Video) yang Diposting di Youtube
Produk
Digital (Poster) yang Diposting di Facebook
Foto
Lembar Absensi Anak Didik di Mushola Al-Baraqah
Foto
Penyerahan Cinderamata Kepada Kepala Kampung Banjar Mulia
Foto
Pelepasan dan Penyerahan Ke Desa KKN Mahasiswa Peserta KKN oleh Panitia KKN dan
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Pada Tanggal 27 Juli 2020
Foto
Proses Kegiatan Bimbingan Belajar Bersama Anak-anak Lingkungan Sekitar Desa
Banjar Mulia di Kediaman Peserta KKN-DR 2020
Foto
Proses Pemetikan dan Penjemuran Lada
Foto
Kegiatan Bersih-bersih Mushola
Foto
Kegiatan Mengajar Mengaji di Mushola Al-Baraqah RK III Kampung Banjar
Mulia Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan
Foto
Acara Penyembelihan Kambing Qurban Pada Hari Raya Idul Adha 1442 H pada Tanggal
31 Juli 2020 di Mushola Al-Baraqah RK III Kampung Banjar
Mulia Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan
Foto
Silaturrahmi ke Kediaman Mbah Karno Selaku Guru Mengaji di Mushola Al-Baraqah
No comments:
Post a Comment