Thursday, June 09, 2022

Laporan Pelaksanaan Kegiatan KKN-DR Berbasis Pengabdian kepada Masyarakat - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way Kanan

 

OPTIMALISASI PENDIDIKAN ANAK PADA MASA PANDEMI

COVID-19 DI DESA BANJAR MULIA KECAMATAN BARADATU

KABUPATEN WAY KANAN

 

(Laporan Pelaksanaan Kegiatan  KKN-DR Berbasis Pengabdian kepada Masyarakat)

KULIAH KERJA NYATA - DARI RUMAH (KKN-DR)

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way Kanan

TAHUN 2020

 

KELOMPOK            : KKN-DR 5

NAMA DPL              : Akta Kurniawan, MH,.

 


 

Disusun Oleh

Nama                : Muthmainnah

NPM                 : 17 1401 035

Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam

 

TIM PELAKSANA KULIAH KERJA NYATA

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)

AL-MA’ARIF WAY KANAN

TAHUN 2020

KATA PENGANTAR

 

 

Assalamua’laikum. Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan kasih sayang dan ridho-Nya, sehingga tugas laporan ini dapat terselesaikan dengan baik. Tak lupa pula shalawat beserta salam semoga selalu kita sanjung agungkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga,  sahabat dan para pengikut-pengikutnya yang senantiasa istiqomah dalam menegakkan risalah Islam di muka bumi dan mengharapakan syafaat Rasulullah saw. di akhirat kelak. Aamiin.

Penyusunan laporan ini dibuat berdasarkan pengalaman yag dilakukan selama masa pengabdian di Desa Banjar Mulia, Kecamatan Bardatu, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung yang terhitung telah melaksanakan kegitan KKN ini selama 43 hari dari tanggal 27 Juli-7 September 2020. Selain itu, laporan ini dibuat untuk juga dengan maksud sebagai salah satu pertanggungjawaban kepada lembaga KKN-STAI Al-Ma’arif Way Kanan.

Penulis menghaturkan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang telah ikut serta berperan dalam penulisan dan penyusunan laporan ini terutama kepada:

1.      Allah swt. yang telah memberikan kesehatan dan kemudahan kepada penulis dalam menjalankan program Kuliah Kerja Nyata dengan baik.

2.      Nabi Muhammad saw. sebagai suri tauladan, dan panutan bagi umat manusia.

3.      Bapak Wakidi, S.Pd.I., M.M.Pd,. selaku Ketua Yayasan STAI Al-Ma’arif Way Kanan

4.      Seluruh panitia pelaksana KKN-DR tahun 2020 STAI Al-Ma’arif Way Kanan

5.      Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Akta Kurniawan, MH,. yang telah memberi arahan dan bimbingan selama melaksanakan KKN.

6.      Ibu Helmada, S.Pd,. selaku Kepala Kampung Desa Banjar Mulia.

7.      Anak-anak Lingkungan RK III Kampung Banjar Mulia yang selalu memberikan semangat melalui senyum dan tawa mereka.

8.      Kepada seluruh masyarakat Lingkungan RK III Kampung Banjar Mulia, yang telah banyak membantu dalam merealisasikan program KKN-DR, baik moril maupun material.

Atas dukungan, kerjasama dan partisipasi dalam melaksanakan KKN-DR, penulis mengucapkan terima kasih. Dan dalam penulisan laporan ini, penulis menyadari banyak kekurangannya, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya laporan ini. Semoga laporan ini akan bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Wassalamua’laikumWr. Wb.

 

 

                                                                        Way Kanan, September 2020

 

 

                                                                                    Penulis


 

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN .................................................................................. i

KATA PENGANTAR.......................................................................................... ii

DAFTAR ISI......................................................................................................... iii

DAFTAR TABEL................................................................................................ iv

DAFTAR GAMBAR............................................................................................ v

DAFTAR LAMPIRAN....................................................................................... vi

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar  Belakang  Masalah............................................................................ 1

B.     Rumusan Masalah........................................................................................ 3

C.     Tujuan dan Manfaat..................................................................................... 3

D.    Sasaran Masyarakat..................................................................................... 4

E.     Kerangka Teori............................................................................................ 4

F.      Metode......................................................................................................... 5

BAB II GAMBARAN UMUM DESA BANJAR MULIA

A.    Letak Geografis........................................................................................... 7

B.     Keadaan Ekonomi....................................................................................... 8

C.     Kondisi Pemerintahan Desa......................................................................... 8

D.    Pembagian Wilayah................................................................................... 10

BAB III PELAKSANAAN PROGRAM DAN HASIL

A.    Program Kerja............................................................................................ 18

B.     Realisasi Program Kerja............................................................................. 20

C.     Evaluasi Program Kerja............................................................................. 22

D.    Faktor Pendorong dan Penghambat Pelaksanaan KKN ........................... 23

BAB IV PENUTUP

A.    Kesimpulan ............................................................................................... 24

B.     Saran ......................................................................................................... 25

LAMPIRAN


 

DAFTAR TABEL

 

Tabel 1. Aparat Desa Banjar Mulia

Tabel 2. Kepala Dusun Desa Banjar Mulia

Tabel 3. Ketua RT Desa

Table 4. Lembaga Pemberdayaan Perempuan (PKK) Desa Banjar Mulia


 

DAFTAR LAMPIRAN

A.    Kegiatan Mahasiswa Basis Media Sosial

B.     Daftar Hadir Peserta Kegiatan

C.     Dokumentasi Kegiatan KKN-DR


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang Masalah

Kuliah Kerja Nyata (KKN-DR) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way Kanan diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan pengabdian terhadap masyarakat, dimana setiap mahasiswa dituntut untuk berperan aktif terhadap kegiatan-kegiatan yang ada disekitar masyarakat Desa Banjar Mulia, tempat dimana penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata diadakan. Mahasiswa diharapkan dapat beradaptasi dan dapat menjalin kerja sama yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat membantu warga masyarakat sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki, serta diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah didapat ke dalam bentuk program kerja kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat sesuai dengan masalah yang timbul. Salah satunya adalah untuk membantu  dan membimbing masyarakat dalam mengembangkan sumberdaya alam lokal yang diharapkan dapat mengembangkan potensi masyarakat. Program ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk membantu mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuannya sehingga dapat memberikan nilai dan manfaat bagi masyarakat dalam mengembangkan usaha.

            Sebelum menentukan program yang akan dijalankan nantinya, secara garis besar kegiatan KKN-DR dapat dijelaskan terlebih dahulu dilakukan survei dan observasi untuk mendapatkan data dan informasi awal tentang kondisi sosiokultural masyarakat dan potensi yang ada. Berdasarkan survei dan observasi yang penulis lakukan di Desa Banjar Mulia, maka penulis mencoba untuk membantu masyarakat sesuai dengan kemampuan penulis. Wujud bantuan tersebut dengan menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk program kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat sesuai dengan masalah yang ada.

Latar belakang penulis yang sedang dalam proses kuliah program Strata-1 Manajemen Pendidikan Islam, yang berada dalam naungan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way Kanan, dan juga karena adanya pandemi Virus Corona (COVID-19) yang melanda Indonesia saat ini, yang berdampak tidak hanya pada bidang kesehatan namun juga sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat dan juga pendidikan anak. Maka kegiatan-kegiatan KKN-DR ini lebih menitikberatkan pada kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dan program pendidikan.

Dengan adanya bimbingan belajar akan membantu siswa dalam mempelajari mata pelajaran di sekolah. Oleh karena itu perlunya adanya bimbingan belajar untuk anak-anak usia sekolah karena saat ini banyak sekolah-sekolah yang diliburkan sehingga mereka tidak bisa maksimal untuk memperoleh pelajaran dari sekolah. Melalui bimbingan ini, penulis ingin mengaplikasikan keilmuan yang telah diperoleh selama kuliah. Penulis juga memandang perlunya motivator dan pengarahan bagi masyarakat pada kegiatan keagamaan terutama memotivasi mereka dan mendorong anak-anak untuk giat baca tulis Al-Qur’an.

Dari kondisi di atas, penulis memprioritaskan kegiatan-kegiatan  pada program-program bidang pendidikan, dan agama sesuai dengan bidang keahlian yang penulis dapatkan selama perkuliahan.

 

B.     Perumusan Masalah

Berdasarkan masalah di atas, maka hal yang menjadi pokok permasalahan dalam kegiatan KKN ini adalah:

1.      Apa sajakah kegiatan-kegiatan yang menjadi program di bidang pendidikan yang efektif diterapkan dalam membantu mengatasi masalah-masalah di Desa Banjar Mulia selama masa pandemic COVID-19?

2.      Bagaimana penerapan program pembinaan bidang pendidikan yang tepat dilaksanakan di Desa Banjar Mulia pada kegiatan KKN-DR STAI Al-Ma’arif Way Kanan  2020?


 

C.    Tujuan dan Manfaat

1.      Untuk mengetahui keefektifan program-program KKN-DR di Banjar Mulia Kec. Baradatu Kab. Way Kanan pada KKN-DR STAI Al-Ma’arif Way Kanan 2020 sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

2.      Untuk mengetahui program-program bidang pendidikanyang tepat diterapkan di Desa Banjar Mulia Kec. Baradatu Kab. Way Kanan pada kegiatan KKN-DR STAI Al-Ma’arif Way Kanan  tahun 2020.

 

D.    Sasaran Masyarakat

Adapun sasaran masyarakat dalam kegiatan ini adalah seluruh masyarakat Desa Banjar Mulia Kecamatan Baradatu kabupaten Way kanan.

 

E.     Kerangka Teori

Kuliah Kerja Nyata (KKN-DR) sebagai kegiatan intra kurikuler dilaksanakan dengan penempatan mahasiswa ditingkat terakhir dalam kesatuan-kesatuan antar disiplin ilmu pengetahuan di daerah-daerah yang meliputi sejumlah desa atau kelurahan untuk jangka waktu tertentu.

Adapun langkah awal dari kegiatan KKN-DR di Desa Banjar Mulia, yaitu melakukan orientasi lapangan dan mengidentifikasi masalah-masalah pokok terlebih dahulu. Yaitu melalui prosedur formal maupun secara kekeluargaan mengenai situasi dan kondisi kehidupan sosial budaya dan lainnya yang berkaitan dengan apa yang menjadi tema pokok KKN-DR STAI Al-Ma’arif Way Kanan tahun 2020.

 

F.      Metode

Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah sebagai berikut:

1.      Metode Observasi (Pengamatan)

Pengamatan adalah alat pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat secara sistimatik gejala-gejala yang ada di Desa Banjar Mulia. Pada metode pegamatan ini, penulis terjun langsung untuk mengamati secara langsung terhadap pelaksanaan KKN-DR, kegiatan-kegiatan dan fenomena-fenomena sosial yang terjadi sebagai dampak dari pelaksanaan KKN-DR yang diterapkan. Data yang diperlukan dalam metode pengamatan ini adalah, mengamati secara langsung di lokasi, pelaksanaan proses, kegiatan-kegiatan masyarakat Desa Banjar Mulia.

 

2.      Metode Dokumentasi

Dalam penelitian kualitatif terdapat sumber data yang berasal dari bukan manusia seperti dokumen, foto-foto dan bahan statistic. Metode dokumentasi ini merupakan salah satu bentuk pengumpulan data yang paling mudah, karena peneliti hanya mengamati benda mati dan apabila mengalami kekeliruan mudah untuk merevisinya karena sumber datanya tetap dan tidak berubah. Dokumen yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi srtuktur organisasi lembaga Peraturan Desa (PERDES), data Kependudukan, data Monografi, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh desa dan data-data lain yang dibutuhkan untuk melengkapi penyusunan laporan ini.


 

BAB II

GAMBARAN UMUM DESA LOKASI KKN

A.      LATAR BELAKANG

Desa disebutkan sebagaimana Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintah, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul dan atau hak tradisional yang diakui dan dihormati alam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan program yang sudah ditetapkan dan dilaksanakan pemerintah Desa Banjar Mulia Kec. Baradatu Kab. Waykanan  tahun 2020 dalam bidang Administrasi Umum Pemerintahan, kegiatan kemasyarakatan maupun pembangunan perlu dilaporkan, dievaluasi, dan ditindak lanjuti dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa yang bersih dan bebas dari penyelewengan dan selalu siap melayani kepentingan masyarakat menuju masyarakat yang damai, aman, dan sejahtera dalam rangka mencapai keberhasilan pembangunan nasional.

B.       DASAR HUKUM

1.      Undang-Undang No.6 Tahun 2014 Tentang Desa

2.      Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU. No.6 tahun 2014 Tentang Desa

3.      Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 2014 Tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN

4.      Permendagri No. 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa

5.      Peraturan Bupati No. 13 tahun 2015 tentang pengelolaan Keuangan Desa

6.      Peraturan Bupati Nomor. 15 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Alokasi Dana Desa


 

C.      TUJUAN

1.      Memberikan gambaran hasil-hasil yang dilaksanakan di desa dalam bidang administrasi pemerintahan, kemasyarakatan maupun pembangunan.

2.      Sebagai bahan acuan untuk menindak lanjuti sejauh mana kebijakan program telah dilaksanakan dalam rangka perbaikan maupun evaluasi dimasa-masa yang akandatang.

 

D.      KONDISI WILAYAH DESA BANJAR MULIA

a.    Batas Wilayah Desa

Letak Geografis Desa Banjar Mulia, terletak diantara:

·      Sebelah timur berbatasan dengan     : Way Besai

·      Sebelah utara berbatasan dengan      : Banjar Baru

·      Sebelah barat berbatasan dengan      : Banjar Setia

·      Sebelah selatan berbatasan dengan   : Simpang Asam

 

b.      Luas Wilayah Desa                 : 850 Ha

·      Pertanian Sawah                   : 45 Ha

·      Ladang/tegalan                     : 30 Ha

·      Perkantoran                           : -

·      Sekolah                                 : 1 Ha

·      Jalan                                      : -

·      Lapangan Sepakbola             : -

·      TPU                                      : 125 Ha

Dengan mata pencaharian sebagian besar petani

Jumlah Penduduk dengan mata pencaharian

1.    Petani                               : 615 orang

2.    Pedagang                         : 25 orang

3.    PNS                                  : 10 orang

4.    TNI/ Polri                         : 3 orang

5.    Bidan atau Perawat          : 3 orng

6.    Guru Honorer                   : 16 orang

 

c.       Jumlah penduduk                    : 1.841 jiwa

·      Jumlah kepala keluarga         : 666 KK

·      Jumlah penduduk laki-laki    : 943 orang

·      Jumlah penduduk perempuan: 898 orang

 

d.      Keadaan sosial

Sarana pendidikan

1.   PAUD/TK                          : 1 buah

2.      SD Sederajat                      : 1 buah

3.      MTS Sederajat                    : -

 

e.       Sarana yang ada di Desa Banjar Mulia

Sarana Peribadahan dan umum:

1.      Masjid                               : 3 buah

2.      Musholla                           : 6 buah

3.      Gereja                                : 2 buah

4.      Vihara                               : -

 

Kelompok Pengajian:

1.      Majelis Rotiban                            : -

2.      Majelis Ta’lim Bapak-Bapak        : 1 kelompok

3.      Majelis Ta’lim Ibu-Ibu                 : 1 kelompok

4.      Taman Pendidikan Al-qur’an       : 3 kelompok

 

Bidang Kesehatan

1.      Polindes                           : -

2.      Posyandu                         : 1 kelompok

3.      Dukun Terlatih                 : -

4.      Bantuan posyandu           : -

5.      Bidan desa                       : 1 orang

 

Bidang Pendidikan

1.      SD Negeri                                    : 1 buah

2.      Taman Baca Al-quran      : 3 buah

3.      SLTP/MTs                        : -

4.      PAUD/ TK                       : 1 buah

 

E.     PERSONIL PERANGKAT DESA

Tabel 1. Aparat pemerintah Desa Banjar Mulia

NO

NAMA

JABATAN

1.

Helmada, S.Pd

Kepala Kampung

2.

Eki Asnawi

Sekretaris Desa

3.

Condi Putra

Kaur Tata Usaha dan Umum

4.

Setio Supono

Kaur Perencanaan

5.

Arga Adi Masla

Kaur Keuangan

6.

Titin Oktavia

Kasi Kesejahteraan

7.

Lestari Wiwin

Kasi Pelayanan

8.

Margono

Kasi Pemerintahan

 

Tabel 2. Kepala Dusun Desa Banjar Mulia

NO

NAMA

ALAMAT

1.

Aris

Kepala Dusun I

2.

Supanggih

Kepala Dusun II

3.

Agus Sahroni

Kepala Dusun III

4.

Herwan Adi

Kepala Dusun IV

5.

Aminudin

Kepala Dusun V

 

Tabel 3. Ketua RT Desa Banjar Mulia

NO

NAMA

ALAMAT

1.

Hadi

RT 01 Dusun I

2.

Miswanto

RT 02 Dusun I

3.

Widodo

RT 01 Dusun II

4.

Suparmin

RT 02 Dusun II

5.

Sidik

RT 01 Dusun III

6.

Jaman

RT 02 Dusun III

7.

Heri Sayoto

RT 01 Dusun IV

8.

Junaedi

RT 02 Dusun IV

9.

Marsudi

RT 01 Dusun V

10.

Ahmadi

RT 02 Dusun V

 

Tabel 4. Lembaga Pemberdayaan Perempuan ( PKK) Desa Banjar Mulia

NO

NAMA

JABATAN

POKJA

1.

Ny. Novi Yuliyanti

Ketua Umum

-

2.

Ny. Rahmawati

Wakil Ketua

-

3.

Ny. Linda

Sekretaris

-

4.

Ny. Atin

Bendahara

-

5.

Ny. Jainem

Ketua

I

6.

Ny. Haryatin

Sekretaris

I

7.

Ny. Yusmala Dewi

Anggota

I

8.

Ny. Meri

Anggota

I

9.

Ny. Maryani

Ketua

II

10.

Ny. Siti Nurjanah

Sekretaris

II

11.

Ny. Novilia Sari

Anggota

II

12.

Ny. Sri Utami

Ketua

III

13.

Ny. Sabariah

Sekretaris

III

14.

Ny. Budi Arsih

Anggota

III

15.

Ny. Yeni Herlina, Amd. Keb.,

Ketua

IV

16.

Karsini

Sekretaris

IV

17.

Ny. Lasmini

Anggota

IV

 


 

BAB III

PROGRAM KERJA DAN PELAKSANAAN

 

A.      Program Kerja

1)      Bidang pendidikan

1.      Mengisi Bimbel

Mengadakan dan memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak, dilaksanakan setiap hari, kegiatan ini dilaksanakan setiap pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

2.      Mengajar mengaji

Mengajar mengaji kepada anak-anak yang dilakukan setiap hari dari jam 18.00 WIB (ba’da maghrib) sampai dengan 19.30 WIB

3.      Mengadakan kegiatan gotong royong membersihkan Mushola yang dilakukan setiap hari Sabtu dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 09.00 WIB

B.       Realisasi program kerja

a.      Bentuk kegitan yang di laksanakan

Bentuk kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN-DR Desa Banjar Mulia Kecamatan Bardatu Kabupaten Way Kanan ialah sebagai berikut :

1.    Mengajar Bimbel

            Mengingat situasi dan kondisi pandemic COVID-19 ini memkasa anak-anak untuk belajar di rumah. Maka dari itu penulis mengadakan Bimbel agar dapat membantu anak-anak untuk memahami pelajaran. Bimbel ini merupakan salah satu program yang dibuat dan dilaksanakan di kediaman penulis, yang bertempat di Dusun Banjar Mulia Desa Banjar Mulia Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan. Dalam hal ini sasaran kegiatan ini adalah anak-anak dari tingkat PAUD-SD.

            Bimbel Semua Pelajaran ini dilakukan di rumah setiap hari setiap pukul 14.00-16.00 WIB.


 

2.      Mengajar Mengaji

            Kegiatan ini dilakukan guna membantu anak-anak dalam hal baca-tulis Al-Qur’an dan juga mengetahui tata cara sholat fardhu dengan baik dan benar.

            Kegiatan ini dilakukan dari ba’da shalat Maghrib hingga menjelang shalat Isya’ di Mushola Al-Baraqah RK III Kampung Banjar Mulia.

3.      Gotong Royong

            Kegiatan dilakukan bersama anak-anak lingkungan RK III Kampng Banjar Mulia dengan membersihkan Mushola Al-Baraqah setiap hari Sabtu dengan mengajarkan anak-anak tentang kalimat “Kebersihan sebagian dari Iman” agar hidup dengan lebih bersih. Juga demi kenyamanan saat shalat berjama’ah di Mushola.

 

b.      Hasil Yang Dicapai

            Berdasarkan pembinaan yang telah dilakukan, ternyata anak-anak desa Banjar Mulia telah mulai semangat dalam belajar dan mengaji serta mempraktikannnya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat kami lihat dari prestasi yang dicapai oleh mereka baik dalam tingkat desa maupun tingkat kecamatan dan mereka juga mulai berani tampil di masyarakat seperti adzan disaat memasuki waktu shalat fardhu, dan mengikkuti kegiatan lainnya.

            Semua kegiatan yang dilaksanakan, Alhamdulillah berjalan dengan lancar berkat usaha dan bantuan dari warga Desa Banjar Mulia, dan peserta sangat  antusias dengan kegiatan  yang diadakan, sehingga acara dan kegiatan yang di adakan oleh mahasiswa KKN-DR dapat berjalan dengan lancar.

 

C.    Evaluasi Program Kerja

Evaluasi merupakan kegiatan yang sangat penting dalam proses pelaksanaan kegiatan, karena dengan evaluasi kita dapat melihat kelebihan dan kekurangan dalam program kerja. Dengan demikian, kita dapat melakukan antisipasi serta mencegah kesalahan pada kegiatan.

Program kerja yang telah dilaksanakan oleh penulis, sudah cukup memuaskan tetapi belum mendapatkan hasil yang optimal tentu tidak terlepas dari kesalahan yang diakibatkan dari faktor internal maupun eksternal, oleh karena itu evaluasi berguna untuk meminimalisir kesalahan dalam kegiatan.

a.         Faktor pendorong dan penghambat

Adapun beberapa yang menjadi faktor pendorong dan penghambat dalam program kerja yang di laksanakan adalah:

1.      Faktor Pendorong

            Faktor yang paling utama yang di butuhkan dalam pelaksanaan kegiatan mahasiswa KKN-DR salah satunya adalah penunjang. Karena  tanpa faktor penunjang tersebut maka kegiatan KKN-DR tidak terealisasikan dengan baik, adapun faktor tersebut antara lain :

1.      Adannya dukungan dan motivasi yang diberikan oleh masyarakat Banjar Mulia terutama kepala desa dan aparat Desa Banjar Mulia dalam segala bentuk kegiatan.

2.      Adanya dukungan dan motivasi yang diberikan oleh pihak kelurahan dan aparatur desa.

3.      Adanya dukungan dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan dari setiap kepala dusun Banjar Mulia dalam perannya memfasilitasi dan memotifasi dalam setiap kegiatan.

4.      Terdapatnya fasilitas umum (tempat pendidikan dan tempat ibadah).

 

2.         Faktor Penghambat

            Selain faktor  penunjang, ada beberapa faktor penghambat, adapun faktor penghambat itu ialah:

1.      Banyak kegiatan kemasyarakatan yang terhenti misalnya seperti pengajian rutin, yasinan, dan kegiatan lain yang melibatkan banyak orang  karena adanya pandemi COVID-19, sehingga membuat mahasiswa KKN-DR tidak memiliki banyak kegiatan.

2.      Karena ada nya wabah COVID-19 ini menyebabkan sekolah-sekolah diliburkan sehingga menyulitkan KKN-DR untuk mengajar anak-anak di sekolah.

3.      Pelaksanaan KKN-DR yang dilakukan secara mandiri menghambat mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan dan pengambilan gambar untuk dokumentasi.

4.      Alokasi waktu yang padat dengan kegiatan kemasyarakatan menghambat mahasiswa KKN-DR menentukan waktu yang tepat untuk melaksanakan program lainnya.


 

BAB IV

PENUTUP

 

A.    Kesimpulan

Dalam melaksanakan program pendidikan, penelitian, dan pengabdian oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Way Kanan diwujudkan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan KKN ini dilakukan dengan kurun waktu 43 hari yang dimulai sejak tanggal 27 Juli 2020 s.d 7 September 2020 yang bertempat di Desa Banjar Mulia Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan.

Adapun tujuan umum kegiatan KKN-DR (Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah) adalah untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran serta mengurangi risiko virus Corona di Lingkungan STAI Al-Ma’arif Way Kanan secara khusus dan masyarakat luas secara umum. Memotivasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas diri dan lingkungan serta pemberdayaan usaha kecil untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Melalui pendampingan terhadap masyarakat, mahasiswa peserta KKN-DR melakukan penggalian data atau informasi tentang persoalan, ataupun kondisi masyarakat sekitar yang selanjutnya dirumuskan dalam bentuk program kerja, serta realisasinya yang diharapkan dapat menjawab persoalan yang ada bersama-sama masyarakat, bahkan dipecahkan oleh masyarakat sendiri.

Program kerja yang terumuskan syukur Alhamdulillah sudah terealisasikan sesuai dengan kemampuan peserta KKN-DR, meskipun terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaannya.

 

B.     Saran

Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) merupakan pengalaman awal dalam tahap pembelajaran bermasyarakat yang kelak para mahasiswa akan terjun secara nyata di masyarakat dengan berbagai persoalan setelah menyelesaikan pendidikan S1. Segala program dalam KKN tersebut dirumuskan dan dilaksanakan untuk menjawab persoalan yang terjadi di masyarakat dengan penelitian yang cukup, dan data yang pasti. Sehingga suatu harapan yang kita inginkan dalam pelaksanaan KKN-DR telah tercapai meskipun banyak kendala, kekurangan yang menghambat dalam terwujudnya kesempurnaan. Adapun kendala dan kekurangan yang ada merupakan hal yang kelak dijadikan rujukan untuk pembelajaran yang dapat memperbaiki kesalahan yang ada sekarang, sehinggga dapat menjadi perubahan yang baik dan berarti di masyarakat umumnya, dan masyarakat Desa Banjar Mulia pada khususnya. Hendaknya mahasiswa (peserta KKN-DR) menjalin komunikasi yang baik antara peserta, agar terjalin dan terbentuknya kesolidan dalam kelompok yang dapat memudahkan dalam pelaksanaan program yang telah dirumuskan. Dan hendaknya pula pihak Ketua Yayasan, panitia pelaksana KKN-DR serta dosen yang lain menjalin keselarasan yang baik agar tidak terdapat atau terjadi keragu – raguan bagi peserta KKN-DR dalam menjalankan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR).

Oleh karena itu, dengan adanya pengalaman tersebut semoga kesalahan yang ada jangan sampai terulangi sama seperti adanya dan dalam tempat yang sama, sehingga untuk kedepannya kita tidak jatuh pada lubang yang sama dan menjadi orang yang merugi.


 

DAFTAR LAMPIRAN

Produk Digital (Poster dan Video) yang Diposting di Instagram


 

Produk Digital (Video) yang Diposting di Youtube

 


 

Produk Digital (Poster) yang Diposting di Facebook


 

Foto Lembar Absensi Anak Didik di Mushola Al-Baraqah

Foto Penyerahan Cinderamata Kepada Kepala Kampung Banjar Mulia


 

Foto Pelepasan dan Penyerahan Ke Desa KKN Mahasiswa Peserta KKN oleh Panitia KKN dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Pada Tanggal 27 Juli 2020

 

 


 

Foto Proses Kegiatan Bimbingan Belajar Bersama Anak-anak Lingkungan Sekitar Desa Banjar Mulia di Kediaman Peserta KKN-DR 2020

 

 


 


 

Foto Proses Pemetikan dan Penjemuran Lada


 

Foto Kegiatan Bersih-bersih Mushola


 

Foto Kegiatan Mengajar Mengaji di Mushola Al-Baraqah RK III Kampung Banjar Mulia Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan


 

Foto Acara Penyembelihan Kambing Qurban Pada Hari Raya Idul Adha 1442 H pada Tanggal 31 Juli 2020 di Mushola Al-Baraqah RK III Kampung Banjar Mulia Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan

 


 

Foto Silaturrahmi ke Kediaman Mbah Karno Selaku Guru Mengaji di Mushola Al-Baraqah

 


DOWNLOAD FILE DISINI

 

No comments:

Post a Comment

Download Filem When the Phone Rings Full Episode : Sebuah Misteri Mencengkeram di Balik Panggilan Telepon

When the Phone Rings: Sebuah Misteri Mencengkeram di Balik Panggilan Telepon "When the Phone Rings" adalah drama Korea Selatan yan...