Tuesday, December 08, 2020

SOAL ALQURAN HADIS KELAS 8 SMP/MTS

 

COP SURAT

 NAMA                   : .......................................          MATA PELAJARAN           : AlQuran Hadis

KELAS                    : 8/ViII(Delapan)                        HARI/TANGGAL               :               

PROGRAM           : .......................................          WAKTU                                 :

 




1.
   Dibaca Mad Layyin jika bertemu dengan dua huruf mad yaitu ....

a. wau dan alif

b. alif dan ya’

c.  wau dan sa’

d. wau dan ya’

 

2.   Sebelum Mad LAyyin biasanya ada yang berharkat ....

a. sukun

b. fathah

c.  kasrah

d. dhommah

 

3.   Kata Layyin berasal dari bahasa arab yang memiliki makna ....

a. keras

b. lembut

c.  lunak

d. tipis

 

4.   Dibawah ini yang termasuk contoh Mad Arid lissukun adalah ....

a. لاَ تُظْلَمُوْنَ

b. الحولُ

c.  ذَهبُوْا

d. أرَأيتَ

 

5.   Letak Mad Arid Lissukun berada ....

a. Diawal Ayat

b. Ditengah Ayat

c.  Setelah Ayat

d. Diakhir Ayat

 

6.   Kata خَالِدُوْنَ termasuk contoh ....

a. Mad Badal Tamkin

b. Mad Arid Lissukun

c.  Mad Layyin tawil

d. Mad Iwad

 

7.   Dalam bacaan mad iwad tanwin dibaca ....

a. jelas dan tartil

b. samar-samar dimulut

c.  tidak berbunyi tanwin lagi

d. tidak dibaca senyap

 

8.   Kata سُجَّداً termasuk contoh ....

a. mad badal

b. mad iwad

c.  mad tamkin

d. mad thabii

 

9.   Mad badal secara lughowi memiliki arti ....

a. mad tepat

b. mad penerus

c.  mad penggati

d. mad ganti tanwin

 

10.  Kata آمَنُوا  termasuk contoh ....

a. mad iwad

b. mad tabii

c.  mad badal

d. mad tamkin

 

11.  لإيلفِ قُرَيْشٍ  ter jemahan ayat tersebut adalah ...

a. Orang-orang Quraish yang pergi ke Yaman

b. Karena kebiasaan orang-orang Quraish

c.  Maka hendaklah mereka menyembah

d. Yaitu pergi pada musim dingin dan panas

 

12.  إلفِهمْ . . .   kelanjutan ayat tersebut adalah ....

a. رحلت الشتاء والصّيف

b. فليعبدوا ربّ هذا

c.  أطعمهمْ منْ جوع

d.  وآمنَهمْ منْ خوف

13.   Apa arti dari kata نشرحْ  . . . .

a. kami telah melapangkan

b. kami telah menyempitkan

c.  kami telah melebarkan

d. kami telah menahannya

 

14.  ووضعنا . . . .    kelanjutan ayat tersebut adalah ....

a. عنك وزرك

b. انك وزرك

c.  قضا ظهرك

d. لك ذكرك

 

15.   Suku yang mendapat kerhormatan untuk merawat Ka’bah adalah ....

a. Quraish

b. Badui

c.  Kurdhi

d. Turki

 

16.  Bangsa Quraish pada musim dingin mengerahkan rombongan ke Negeri ....

a. Yaman

b. Syam

c.  Syiria

d. Turki

 

17.  Pada musim panas Bangsa Quraish mengerakan rombongannya ke Negeri .... 

a. Yaman

b. Syiria

c.  Turki

d. Lebanon

 

18.  Kaum Quraish dikenal sejarah sebagai kaum yang ....

a. ditakuti dan disegani

b. dikhianati dan dijauhi

c.  disegani dan dihormati

d. diteladani dan dihormati

 

19.  Surah Al-Quraish adalah surah ke ....

a. 104

b. 105

c.  106

d. 107

 

20.  Surah Al-Insyiroh terdiri dari ....

a.  5 ayat

b. 6 ayat

c.  7 ayat

d. 8 ayat

 

21.  Surah Al-Insyiroh termasuk kedalam golongan surah ....

a. Madaniyyah

b. Makiyyah

c.  Al-Maidah

d. Al-Furqon

 

 

B.  Soal Uraian

 

41. Berikan 3 contoh kalimat dari Mad Layyin !

42. Jelaskan arti dari Mad Badal, Mad Iwad dan Mad Tamkin !

43. Tuliskan Q.S Al-Quraish lengkap dengan terjemahannya !

44. Tuliskan satu hadits tentang mencintai anak yatim !

45. Tuliskan 3 perilaku terpuji tentang tolong-menolong !

 

Download soal doc di sini 

Download LJK di sini

No comments:

Post a Comment

Download Filem When the Phone Rings Full Episode : Sebuah Misteri Mencengkeram di Balik Panggilan Telepon

When the Phone Rings: Sebuah Misteri Mencengkeram di Balik Panggilan Telepon "When the Phone Rings" adalah drama Korea Selatan yan...